20 March 2019

Dari Iklan Indomie Jadi Makanan Favorit & Gaya Hidup

Iklan Cerita Indomie Punya Viera 

Dari sebuah penelitian yang dilakukan Oleh Sumarni Bayu Anita,S. Sos. M.A yang berjudul Narasi Gaya Hidup Dalam Iklan yang diangkatnya dari sebuah analisis Semiotika Iklan Produk Indomie Versi ‘’ Cerita Indomie Punya Vera’’ yang telah di publikasikan pada : Jurnal Publisitas Vol.3 Agustus 2014. dari penelitian tersebut dirinya berusaha mengungkapkan analisis Semiotika Iklan Produk Indomie Versi ‘’ Cerita Indomie Punya Vera ’’. Di akhir tahun 2011 iklan tersebut paling banyak diputar di stasiun TV nasional. Dengan fokus pada persoalan gaya hidup,iklan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penciptaan gaya hidupm (Life Style), ternyata iklan berperan serta menjadi perumus gaya hidup masyarakat dan iklan Cerita Indomie Punya Vera ini tak pelak turut mengkonstruksi masyarakat konsumer menjadi kelompok-kelompok gaya hidup, yang pola kehidupan mereka diatur berdasarkan tema, citra dan makna simbolik yang ada di iklan tersebut.
 Berawal dari sebuah PENDAHULUAN tujuan utama dari sebagian besar dari periklanan kontemporer, termasuk dari analisis ikalan yaitu untuk berbicara secara taklangsung kepada pikiran bawah sadar. Untuk mengkaji iklan mengunakan Semiotika sebagai pisau analisis, iklan merupakan perwujutan kebudayaan, yaitu hasil akal dan daya manusia. Dalam iklan ada sejumlah hal yang tercakup yaitu pemikiran, kesenian dan teknologi . Adapun hal yang dilakukan tersebut dapat dilihat sebagai lambang berdasarkan suatu konvensi yang di sugestikan maknanya. Pensugestian ini biasanya diusahakan melalui positinoning atau penepatan suatu produk dalam citra khalayak sasaran ikan. Adapun hasil akhir suatu upaya pengiklanan diharapkan pembuatanya menjadi ‘’ konvensi baru’’ pada khalayak sasaran ( Hoed, 2011,247).
 Dalam PEMBAHASAN mencoba untuk memperjelas cara subteks dikontruksi dalam analisis sebuah iklan televisi tentang gaya hidup yang berdurasi selama 29 detik, dari Plot iklan tersebut terlihat adanya peralihan gambar yang selaras mengikuti parafrase bunyi dengan singkronitas antara gambar dan bunyi yang literal menunjukkan bahwa cerita ini memiliki alur maju dan begitu tratur.  Untuk KARAKTER dalam iklan tersebut mengunakan sosok seorang Vera sang mahasiswa yang relah berkorban dan menempuh segalah cara demi mendapatkan sebungkus mie instan makan paporitnya. Didalam SETTING iklan tersebut berlokasi di kota Rende salah satu negara Italia. Pada KESIMPULAN dari iklan ini  ternyata iklan berperan serta menjadi perumus gaya hidup masyarakat dan iklan Cerita Indomie Punya Vera ini tak pelak turut mengkonstruksi masyarakat konsumer menjadi kelompok-kelompok gaya hidup, yang pola kehidupan mereka diatur berdasarkan tema, citra dan makna simbolik yang ada di iklan tersebut.

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    ReplyDelete

Entri yang Diunggulkan

Hikma Yudisium Daring (Online) Menjadi Kebanggan Orangtua

Akibat Covid-19 atau yang sering kita sebut Corona membuat sebagain orang merasa kecewa, karena Gordon yang menjadi kebanggaan seharusnya di...